SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1437 H /2016 M : Maaf Lahir dan Bathin

Kamis, 04 Maret 2010

Silsilah Kerajaan Matan

Pada zaman logam awal (tahun 500 – 300 SM) wilayah pantai sampai radius sekitar 20 kilometer di Ketapang  Kalimantan merupakan daerah penyebaran kebudayaan Dong Song dari Vietnam Utara. Benda perunggu bercorak Dong Song ditemukan secara luas diwilayah ini seperti kapak corong, pisau, kail, gelang, ujung tombak dan artefak nekara perunggu. Pada tahun 850 – 900 M Pulau Kalimantan (Borneo) diekspansi oleh Dynasti Syailendra yang bermitra dengan Sriwijaya, dan seluruh wilayah sebaran kebudayaan Dong Song merupakan daerah taklukan/kedaulatan Syailendra dan Sriwijaya yang berbudaya Hinduisme.  Pada masa periode inilah Kerajaan Tanjungpura sudah wujud dan mengalami ekspansi terus menerus dari kerajaan lainnya di Nusantara.  Corak budaya dan system pemerintahan Kerajaan  yang wujud hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh periode sejarah mulai dari zaman pra-sejarah, pengaruhuHindu/Budha (India), pengaruh Islam (Arab) dan Eropa (penjajahan) hingga sampai pada aras kekiniannya menjadi Kerajaan Matan Tanjungpura.



Berikut Silsilah Kerajaan Matan - Tanjungpura yang merupakan hasil beberapa sumber sejarah dan catatan silsilah keluarga kerajaan.





2 komentar:

  1. Dengan hormat,

    Paduka Sultan Matan - Tanjungpura yang mulia,

    Saya Ivan Taniputera sedang menulis buku mengenai sejarah kerajaan-kerajaan Nusantara pascakeruntuhan Majapahit. Oleh karenanya, saya sangat memerlukan data-data mengenai sejarah, foto, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perjalanan sejarah berbagai kerajaan/ kesultanan di negeri kita. Apakah Bapak memiliki data sejarah Kesultanan Matan-Tanjungpura yang menurut Bapak sekiranya perlu dimasukkan dalam buku saya? Apakah saya diperkenankan menggunakan atau memasukkan foto-foto dalam blog Bapak ke dalam buku saya? Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan beribu-ribu terima kasih.

    Hormat saya,

    Ivan Taniputera

    BalasHapus
  2. Untuk karya tulisan sejarah kami perkenankan, dengan menyebut sumbernya.

    BalasHapus