SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1437 H /2016 M : Maaf Lahir dan Bathin

Selasa, 24 Mei 2016

BNI Ketapang Berikan Hadiah Tabungan Pelajar


PRK. Haji Gusti Kamboja menutup Festival Keraton Matan
Tanjungpura Ke-V Tahun 2016 di Pentas Seni Budaya Matan
Festival Keraton Matan Tanjungpura ke-V tahun 2016 pada minggu malam tangal 21 Mei 2016 lalu resmi ditutup oleh Pangeran Ratu Kertanegara H. Gusti Kamboja. Dalam sambutannya Gusti Kamboja menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan Festival, terutama kepada Bupati Ketapang, Kapolres Ketapang beserta jajarannya, Dinas Budparpora, Dinas Perhubungan, Satpol PPP, Basarnas Ketapang dan semua pihak yang turut membantu.
Perhelatan festival kali ini saya nilai cukup baik dari segi kualitas peserta lomba seni budaya. Catatan saya kata Gusti Kamboja hanya pada tarian kreasi melayu dan syair gulung. Dalam tarian melayu menurut Gusti Kamboja adab mesti diperhatikan, seperti gerak tangan, tubuh dan kaki. Penari tidak boleh mengangkat kaki diatas lutut, begitu juga tangan tidak boleh memperlihatkan ketiak, tidak boleh tingkap telentang. Seluruh tarian melayu adabnya harus menjaga aurat jangan sampai diekspose. Begitu juga dalam bersyair, isinya harus konsisten dari awal sampai akhir. Bait dalam syair harus berbentuk aaaa yang sesuai antara sampiran dan isinya. Umumnya syair klasik seperti syair gulung dalam kesusasteraan melayu berisi pesan moral, edukatif dan syiar.
Oleh karenanya pinta Gusti Kamboja, agar ada diantara anak-anak ketapang pencinta seni budaya menimba ilmu di Institut Kesenian supaya dapat memahami dan mengembangkan seni tari tradisional secara akademis.
Pemenang lomba seni budaya di festival kali khusus tangkai lomba syair gulung tingkat pelajar selain mendapat piala dan uang pembinaan juga mendapat hadiah tambahan dari Bank BNI Cabang Ketapang berupa Tabungan Pelajar untuk juara pertama, kedua dan ketiga baik kategori pelajar putra maupun pelajar putri. Kepala Cabang BNI Ketapang, Joko mengatakan bahwa hadiah ini diberikan sebagai bentuk penghargaan BNI kepada pegiat seni budaya di Ketapang dan mendorong minat menabung para pelajar di Ketapang. Sementara itu dari pihak Hotel Aston Ketapang melalui GM Sripradiansyah memberikan hadiah tambahan berupa menginap gratis satu malam bagi juara pertama lomba dendang melayu putra dan putri. Kerja sama dengan pihak Hotel Aston Ketapang menurut ketua panitia Festival Uti Asaji sudah berlangsung lama pada setiap festival keraton, oleh karenanya panitia mengucapkan terima kasih kepada manajemen Hotel Aston Ketapang dan Bank BNI Cabang Ketapang. Semoga di Festival berikutnya pinta Asaji dapat bekerjasama lebih baik lagi dalam rangka mendorong kemajuan pariwisata di Ketapang.
Sekretaris ICKN Kalimantan Barat Syamsurizal dalam sambutannya meminta agara ICKN Ketapang dapat memilih program kerja yang sederhana dan dapat dilaksanakan. Kami dari propinsi akan selalu mendampingi dalam setiap program yang akan dilaksanakan. Syamsurizal juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini terutama panitia yang telah bekerja dengan baik dan berharap agar dikemas lebih baik lagi (A1).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar